Profil

VISI DAN MISI

VISI :

“MENJADI PENELITIAN YANG PROFESIONAL DAN TERKEMUKA DI PERKEBUNAN TEMBAKAU”

MISI  :

  • Mengadakan kajian dan penelitian aplikatif untuk mendapatkan data sebagai rekomendasi dan acuan kerja (SOP),
  • Menyediakan pelayanan teknis, laboratorium dan konsultasi kepada unit produksi, praktisi dan lembaga terkait,
  • Menungkatkan kualitas SDM dan sarana penunjang untuk menjadikan insan Penelitian lebih kompeten dan profesional. 

TUJUAN :

  • Mendukung Perusahaan dalam mencapai tujuan dan sasarannya, khususnya dalam peningkatkan  produktifitas dan kinerja yang berdaya saing,
  • Menjadikan Penelitian sebagai “braintrust“, pusat dan sumber informasi terpercaya.

 SEJARAH PENELITIAN TEMBAKAU KLATEN

Pada tahun 1898 “Proefstation Voor Tabak (Balai Penelitian Untuk Tembakau) didirikan oleh 3 onderneming (perkebunan).  Pada tahun 1905 balai Penelitian ini dengan nama yang sama, bernaung pada Departemen Pertanian. Pada tahun 1910 bagian dari Algemeen Proefstation di Salatiga ini berdiri sendiri (mandiri) dengan nama “Proefstation voor Vorstenlandsche Tabak”.  Sesudah April 1939 perkebunan-perkebunan yang termasuk wilayah (resort) N.V. Vereenigde Klattensche cultuur Mij. Keluar dari dari organisasi Proefstation yang kemudian diteruskan oleh anggota-anggota yang masih ada dengan nama yang sudah ada : “Proefstation voor Vorstenlandensche Tabak.” Pada tahun 1957 terjadi pengambilalihan perusahaan-perusahaan Belanda.  Pengusahaan tembakau Vorstenlanden dikelola oleh PPN IV.  Pada tahun 1961 dirintis kembali Balai Penelitian Tembakau Vorstenlanden dengan nama Urusan Research di bawah Direksi PPN IV.  Titik berat tugasnya Bidang Seleksi dan Produksi Benih.  Tahun 1968 berganti nama menjadi Bagian Research.  Selanjutnya tahun 1969 menjadi Bagian Research.  Selanjutnya tahun 1969 menjadi Biro Pengembangan Produksi.  Tahun 1971 kembali lagi menjadi Bagian Research  dan dengan SK No. 02/SK.Dir/1974 tgl 15 Maret 1974 berganti nama menjadi Biro Research.

Pada tahun 1984 diadakan peleburan antara Biro Research dan Biro Pengembangan PN Perkebunan XIX dan menjadi Biro Penelitian dan Pengembangan berdasarkan SK Direksi PNP XIX No.13/Skpts/1984 tgl 18 Agustus 1984. Dalam rangka reorganisasi, Biro Penelitian dan Pengembangan, Bagian Produksi dan Komersiil disatukan dalam bagian Produksi dan Pengembangan sehingga Biro Penelitian dan Pengembangan menjadi Urusan Penelitian dan Pengembangan.  Hal ini berdasarkan SK Direksi PTP XIX No. 05/Skpts/1993 tgl 27 Agustus 1993.

Sejak terbentuknya PT. Perkebunan Nusantara X (Persero), Biro Penelitian dan Pengembangan berada di bawah Bidang Penelitian dan Pengembangan Kantor Direksi Surabaya, berkedudukan di Klaten. Selanjutnya sesuai Surat Keputusan No. XX-SURKP/04.019 tanggal 1 Maret 2004, Bidang Penelitian dan Pengembangan digabung dengan Bidang Pengembangan Usaha menjadi Bidang Penelitian dan Pengembangan Usaha.

  KEPALA PENELITIAN TEMBAKAU KLATEN

1.      Ir. Narkanto                                : Periode 1974 – 1983

2.      Ir. Wahyono                                : Periode 1984 – 1988

3.      Ir. Sismadi                                : Periode 1989 – 1996

4.      Ir. Zubaidi Rachmad                    : Periode 1997 – 1999

5.      Ir. BE. Pranoto                            : Periode 1999 – 2008

6.      Erna Anastasia DE, SP, MM           : Periode 2008 – Sekarang

Advertisements

3 thoughts on “Profil”

  1. Ketika saya bekerja di lembaga / balai ini (1979), pimpinannya adalah Ir. Narkanto. Saya kenal baik dengan Ir. Sismadi dan juga Ir. Z.Rachmad.

    • Terima kasih sudah berkunjung ke blog penelitian tembakau klaten..kami berharap masukan dari bapak-bapak akan sangat membantu kami untuk berkembang menjadi lebih baik lagi. terima kasih.

  2. Widya Wijayanti said:

    Boleh menanyakan, dulu alamatnya di mana dan sekarang di mana? Terima kasih sebelumnya, karena saya sedang mencocokkan lokasi dengan peta lama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s