EVALUASI KINERJA TEMBAKAU BAWAH NAUNGAN VBN/FIK/TBN                  MTT. 2014/2015 KEBUN TEMBAKAU KLATEN

B HERNOWO

Asistem Manager presentasi kinerja MTT. 2014/2015

Dalam rangka memasuki MTT. 2015/2016 Penelitian Tembakau Klaten beserta Kebun Tembakau Klaten mulai melaksanakan persiapan – persiapan untuk mensukseskan sasaran Kebun Tembakau Klaten. Didahului dengan mengikuti evaluasi MTT. 2014/2015 yang diselenggarakan secara maraton oleh Kebun Tembakau Klaten yang dipresentasikan untuk masing – masing bagian pada tanggal 03 – 08 Nopember 2014. Evaluasi dipresentasikan oleh Asisten Manager dan masing – masing pelaksana/mandor pada setiap Bagian/Kesinderan. Presentasi dimulai dari Bagian I hingga Bagian X. Aspek yang dievaluasi meliputi : lahan, pembibitan, pengolahan tanah, rumah naungan, pemeliharaan tanaman, proteksi tanaman serta pekerjaan panen dan bongkar rumah naungan.

TUMINAH

Pelaksana Tanaman VBN presentasi kinerja MTT. 2014/2015

Evaluasi dilaksanakan secara lengkap meliputi tantangan yang dihadapi, upaya yang dilakukan, hasil upaya yang dilakukan baik itu berupa kelebihan maupun kekurangan serta upaya yang akan dilakukan menuju MTT. 2015/2016 sampai dengan analisis ekonomi atau Analisa Usaha Tani (AUT).

Pada umumnya permasalahan yang dihadapi adalah tidak tercapainya produksi maupun kualitas, ditandai dengan tingginya mutu filler yang didominasi oleh robek ulat, robek mekanis, minyak serta daun pendek.

Dari evaluasi juga dapat diketahui bahwa kata kunci dalam mendapatkan AUT Laba adalah tercapainya kualitas dan diimbangi dengan produksi secara proporsional. Oleh karena itu orientasi seorang Asisten Manager adalah menuju pada tercapainya kualitas dengan tetap mengupayakan tercapainya produksi secara proporsional, serta mencermati mutu filler yang tinggi dan berusaha untuk menekan mutu filler sehingga akan menjadi mutu Dekblad.

Evaluasi masing – masing Bagian dengan Panelis Bapak Plt General Manager, Manager KSU, Manager Tanaman, Manager Pengolahan, Koordinator Tanaman, Kepala Penelitian Tembakau Klaten serta Moderator dari Asisten Manager SDM dan Asisten / Peneliti dari Penelitian serta notulis dari Kebun.

Masukan – masukan dari Panelis untuk upaya perbaikan ke depan dapat dirangkum dan menjadi rencana tindak lanjut untuk musim tanam yang akan datang. Seperti Seorang Asisten Manager dan Asisten Muda harus meningkatkan pengetahuan dan belajar terus, selalu mengasah kemampuan managerial, dalam proses pekerjaan melaksanakan pengendalian biaya secara baik, selalu berorientasi pada pencapaian kualitas, serta membentuk small group discussion diawal, ditengah dan di akhir proses produksi.

Advertisements