Kunjungan / Study Banding Petani Tembakau Kabupaten Pesisir Barat,

Propinsi Lampung

 IMG_7381

Melihat proses perbanyakan jamur mikoriza di Rumah Kaca

Dalam rangka program peningkatan penerapan teknologi pada usaha tani tembakau di Kabupaten Pesisir Barat, Propinsi Lampung, petani tembakau Kabupaten Pesisir Barat Propinsi Lampung, mengadakan studi banding di Pusat Penelitian Tembakau Klaten. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 2014.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunanan dan Kehutanan Kabupaten Pesisir barat, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk : meningkatkan kemampuan petani dalam hal budidaya tanaman tembakau, meningkatkan dan mengembangkan penerapan teknologi usahatani tembakau baik dalam proses budidaya maupun penanganan pasca panen, serta menjalin kerjasama dan hubungan yang baik dengan pusat Penelitian Tembakau Klaten dalam rangka peningkatan teknologi usaha tani tembakau.

IMG_7392

Penyampaian materi pelatihan untuk Petani Tembakau Pesisir Barat, Lampung

Studi banding diikuti oleh 25 orang petani dan turut hadir Bapak Asisten Bagian Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Pesisir Barat, Propinsi Lampung. Rombongan diterima oleh Kapuslit beserta Staf Penelitian Tembakau Klaten. Obyek kunjungan meliputi proses pembuatan mikoriza di Rumah Kaca, Penelitian Tembakau Klaten dan proses sortasi di Gudang Pengolah Wedi Birit. Paparan teknik budidaya penanaman tembakau oleh Ibu Yunita Erny Prasetyawati, SP, sedangkan paparan hama / penyakit tembakau oleh Bapak St. Cahyo Hertanto, SP. Adapun paparan mengenai proses pasca panen tembakau di gudang pengolah disampaikan oleh Manager Pengolahan Bapak Suryo Widyanto, SP; sedangkan penjelasan mengenai tupoksi penelitian di sampaikan oleh Kapuslit Penelitian Tembakau Klaten Ibu Erna Anastasia DE.

IMG_7386

Kunjungan di Pusat Penelitian Tembakau Klaten

IMG_7490

Mengunjungi sortasi tembakau di Gudang Pengolah Wedi Birit

Advertisements