MINI EXCAVATOR ATASI KESULITAN TENAGA KERJA

Ceper-20130726-02028

Mini excavator

Kondisi semakin sulitnya tenaga kerja di Perkebunan Tembakau, Kebun Tembakau Klaten dari hari ke hari semakin terasa.  Pada saat penanaman Tembakau Bawah Naungan berbagai upaya telah dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan, diantaranya percobaan penggunaan bor mesin  dalam skala kecil untuk membuat lubang tiang naungan tembakau, penggunaan cultivator untuk pekerjaan gulud menggulud.  Selain itu juga tenaga kerja didatangkan dari luar daerah Klaten.

Sementara itu pekerjaan pada Tembakau Bawah Naungan belum selesai, sudah disusul pekerjaan untuk tembakau Na – Oogst.  Upaya untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai jadwal terus diusahakan agar dapat mencapai produktivitas optimal. 

Pemikiran Direktur Pemasaran dan Perencanaan Pengembangan Bapak                   Ir. H. Mochamad Sulton, MM yang disampaikan pada saat kunjungan kerja di Kebun Tembakau Klaten pada bulan Juli 2013, beliau menyampaikan bahwa untuk mengantisipasi kesulitan tenaga kerja sudah saatnya mulai menerapkan mekanisasi di Kebun Tembakau.  Ide yang bagus dari Bapak Ir. Sulton disambut baik oleh General Manager Kebun Tembakau Klaten Bapak Ir. Toto Guranto Nugroho, dengan Penelitian Tembakau Klaten berusaha untuk mewujudkan mekanisasi sebagai solusi tenaga kerja.  Langkah yang di tempuh dengan mencari informasi dan menyewa mini excavator sebagai langkah awal untuk mewujudkan ide tersebut.

Image

Upaya ini telah diwujudkan pada tanggal 02 Agustus 2013, mini excavator yang telah disewa dioperasikan di kebun tembakau NO di desa Manjung.  Hasil uji coba awal menggambarkan harapan ke depan mekanisasi pada kebun tembakau dapat diterapkan pada skala luas.

Image

Pembuatan got saluran drainase

Image

Hasil Cetakan Got dengan mini excavator

Advertisements